RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) TEMATIK
Nama Sekolah :
SDN
Kelas / Semester :
1 ( satu ) / 1 ( satu )
Mata Pelajaran :
IPS, Bahasa Indonesia, Matematika
Alokasi Waktu :
2x35 menit
Tema :
Keluarga
A.
Standar
Kompetensi
1.
Ilmu Pengetahuan Sosial
( IPS )
Memahami identitas diri dan
keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2.
Bahasa Indonesia
4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan,
mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
3.
Matematika
1. Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
B.
Kompetensi
Dasar
1.
Ilmu Pengetahuan Sosial
( IPS )
Mengidentifikasi
identitas diri, keluarga dan kerabat
2.
Bahasa Indonesia
4. 1. menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
3. Matematika
1. 3. melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai 20.
C.
Indikator
1.
Ilmu Pegetahuan Sosial
a. Menyebutkan
identitas diri, keluarga dan kerabat
2.
Bahasa Indonesia
a. Menyalin
/ mencontoh huruf kata, kalimat dari papan tulis atau buku dengan benar.
3.
Matematika
a. Memecahkan
masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan bilangan sampai dengan 20.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai,
melalui metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, diharapkan siswa dapat :
1.
Ilmu Pengetahuan Sosial
a.
Menyebutkan identitas
diri sendiri
b.
Menyebutkan nama
anggota keluarga
c.
Menyebutkan nama
kerabat
2.
Bahasa Indonesia
a.
Menjiplak huruf kata,
kalimat dari buku dengan benar
b.
Menyalin huruf kata,
kalimat dari papan tulis atau buku denan benar.
3.
Matematika
a.
Menjawab soal-soal
penjumlahan sampai dengan bilangan 20.
E.
Karakteristik
yang diharapkan
1.
Disiplin
( Discipline )
2.
Tekun
( diligence )
3.
Tanggung
jawab ( responsibility )
4.
Ketelitian
( carefulness)
5.
Kerja sama ( Cooperation )
6.
Toleransi ( Tolerance )
7.
Percaya
diri ( Confidence )
8.
Keberanian ( Bravery
)
F.
Materi Ajar
1.
Ilmu Pengetahuan Sosial
Ø Yang
memberi nma kita adalah orang tua yaitu ayah dan ibu
Ø Setiap
orang mempunyai nama lengkap dan nama panggilan
Ø Nama
panggilan lebih mudah diingat dan dikenal orang
Ø Alamat
tempat tinggal perlu diingat jika akan berkunjung ke rumah saudara atau teman
Ø Dengan
alamat rumah yang lengkap mudah menemukan rumah seseorang
Ø Kita
bisa mengetahui alamat seseorang dari kartu penduduk dan kartu nama
Ø Orang
yang tinggal dalam satu rumah disebut anggota keluarga
Ø Keluarga
yang terdiri dari ayah, ibu dan anak disebut keluarga inti
Ø Kerabat
merupakan hubungan antar keluarga menurut garis keturunan
Ø Ayah
adalah orang tua laki-laki
Ø Ibu
adalah rang tua perempuan
Ø Kakek
adalah orang tua laki-laki dari ayah atau ibu
Ø Nenek
adalah oarang tua perempuan dari ayah atau ibu
Ø Paman
adalah adik laki-laki ayah atau ibu
Ø Bibi
adalah adikperempuan ayah atau ibu
2.
Bahasa Indonesia
Ø Menjiplak
di kertas tipis
Ø Menyalin
kata, contoh :
Bapak = ...
Paman = ...
3.
Matematika
Ø Menjumlahkan
banyak benda
Adik mempunyai 2 mainan
Hari ini adik membeli 3 mainan
Mainan adik sekarang bertambah
Mainan adik menjadi lebih banyak
G.
Metode
dan Media Pembelajaran
1.
Metode :
a. Ceramah
b. Tanya
Jawab
c. Penugasan
2.
Media :
a. Gambar
anggota keluarga
H.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal ( 10
menit )
a. Guru
mengkondisikan kelas
b. Guru
memberi apersepsi dengan kegiatan menyanyi lagu “ satu dua tiga” bersama-sama
c. Guru
mengulas sedikit materi yang telah diajarkan sebelumnya
d. Guru
menyampaika tema pembelajaran yang akan dilaksanakan
2.
Kegiatan Inti ( 50
menit )
a. Eksplorasi
1) Guru
menggambarkan peta konsep tentang materi identitas diri, keluarga dan kerabat
2) Guru
menjelaskan materi identitas diri, keluarga dan kerabat
3) Guru
dan siswa melakukan tanya jawab tentang jumlah anggota keluarganya
b. Elaborasi
1) Guru
menuliskan anggota keluarga di papan tulis
2) Siswa
menyalin kata yang ada di papan tulis ke dalam buku catatan masing-masing
3) Guru
dan siswa melakukan tanya jawab tentang jumlah anggota keluarga dan kerabatnya
4) Guru
menjelaskan konsep penjumlahan bilangan sampai dengan 20
5) Guru
memberi contoh soal penjumlahan bilangan sampai dengan 20 menggunakan soal
cerita sederhana tentang keluarga
6) Guru
membagi lembar kerja individu pada siswa
7) Siswa
mengerjakan lembar kerja individu secara mandiri
8) Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaannya
c. Konfirmasi
1) Guru
menganalisis hasil belajar siswa
2) Guru
memberi penguatan terhadap hasil belajar siswa
3) Guru
memberi kesempatan untuk bertanya pada
siswa mengenai hal-hal yang belum mereka pahami
3.
Kegiatan Penutup ( 10
menit )
a. Guru
dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
b. Guru
memberi motivasi dan pesan moral pada siswa yang belum memahami materi dan mendapatkan
nilai yang kurang memuaskan agar mempelajari kembali materi yang telah
dipelajari dan lebih rajin belajar
c. Guru
menyampaikan materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
d. Guru
menutup pelajaran
I.
Alat
dan Sumber Belajar
1.
Alat Peraga :
a. Gambar
anggota keluarga
2.
Sumber Belajar :
a. Buku
LKS Rona Cakrawala IPS SD/MI kelas 1 semester gasal
b. Buku
LKS Rona Cakrawala Bahasa Indonesia kelas 1 semester gasal
c. Buku
Bahasa Kita Bahasa Indonesia 1 SD dan MI kelas 1
d. Buku
LKS Rona Cakrawala Matematika kelas 1 semester gasal
J.
Penilaian
1.
Jenis
Penilaian : Individu
2.
Bentuk
instrumen : uraian objektif
3.
Alat :
tes
4.
Prosedur
penilaian : lembar kerja individu