RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP TEMATIK
Nama
Sekolah : SDN 1 MULYASARI
Kelas
/ Semester : 1 ( Satu ) / II ( Dua )
Tema
: PERMAINAN
Mata Pelajaran : IPA, Bahasa Indonesia & Seni Budaya
dan Keterampilan (SBK)
(Tematik)
Alokasi
waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
IPA
5. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa
alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
Bahasa
Indonesia
Membaca
Memahami teks
pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
Menulis
permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui dikte dan menyalin
Seni Budaya dan
Keterampilan
Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
B.
Kompetensi
Dasar
IPA
5.2 Mengenal
berbagai benda langit melalui pengamatan
Bahasa
Indonesia
Membaca
Membaca lancar
beberapa kalimat sederhana yang terdiri atau 3-5 kata dengan intonasi yang
tepat.
Menulis
Menulis kalimat
sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
Seni Budaya dan
Keterampilan
Menyanyikan
lagu anak-anak dan lagu wajib
C.
Indikator
1.
Menceritakan
benda langit yang terlihat pada siang dan malam hari
2.
Membaca teks
pendek, penggalan cerita dengan intonasi dan lafal yang tepat.
3.
Menulis kata
berdasarkan gambar
4.
Menyanyikan lagu
dengan syair yang benar
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah kegiatan
pembelajaran selesai, melalui metode ceramah,Tanya jawab dan penugasan siswa
dapat :
IPA
-
Menceritakan
benda langit yang terlihat pada siang dan malam hari
Bahasa Indonesia
Membaca
-
Membaca teks
pendek, penggalan cerita dengan intonasi dan lafal yang tepat.
Menulis
-
Menulis kata
berdasarkan gambar
SBK
-
Menyanyikan
lagu dengan syair yang benar
E.
Karakter siswa
yang diharapkan
-
Ketelitian
-
Percaya diri
-
Keberanian
-
Tekun
F.
Materi ajar
v Ilmu Pengetahuan Alam
Menceritakan Benda langit yang
terlihat pada siang dan malam hari
(Tambahkan gambar Benda - benda Langit )
v Bahasa Indonesia
Membaca Teks
pendek, penggalan cerita dengan intonasi dan lafal yang tepat
Menulis kata
berdasarkan gambar
v Seni Budaya dan Keterampilan
Menyanyikan lagu dengan syair yang
benar
Lagu Bintang kecil
Bintang kecil
dilangit yang biru
Amat banyak menghias angkasa
Aku ingin terbang dan menari
Jauh tinggi ketempat kau berada
G.
Metode dan media pembelajaran
a.
Metode
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Penugasan
b.
Media
-
Gambar
bulan,bintang dan matahari
H.
Kegiatan Belajar Mengajar
a.
Kegiatan awal (
5 menit)
-
Mengkondisikan
siswa kedalam pembelajaran
-
Apersepsi dan
Motivasi
Guru bertanya
kepada siswa, ada yang tahu lagu bintang kecil tidak ?
-
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
b.
Kegiatan inti
(25 menit)
Eksplorasi
-
Siswa Menyimak
wacana yang bintang ditulis guru dipapan tulis
-
Siswa Membaca
wacana dengan suara nyaring secara klasikal
-
Menyanyikan
lagu bintang kecil, untuk mengingat kembali tentang bulan, matahari dan
bulan (benda langit )
Elaborasi
-
siswa diminta
menyebutkan dan menceritakan benda langit apa saja yang ada pada waktu siang
dan malam
-
guru
memperlihatkan gambar
-
siswa diminta
menebak gambar
-
Guru membagi lembar kerja individu pada
siswa
-
Siswa mengerjakan lembar kerja individu
secara mandiri
-
Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya
-
Guru
dan siswa mengadakan tanya jawab mengenai lembar kerja individu
Konfirmasi
-
guru bertanya
jawab tenyang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
c.
Kegiatan akhir
(5 menit)
-
Siswa dan guru
menyimpulkan hasil belajar bersama-sama
-
Guru melakukan
evaluasi
-
Siswa diberi
tugas untuk pertemuan selanjutnya
-
Guru menutup
pelajaran
I.
Sumber belajar
-
Buku IPA SD
kelas 1
-
Buku Belajar Bahasa Indonesia SD Kelas 1
J.
Penilaian
1.
Jenis Penilaian : Individu
2.
Bentuk instrumen : uraian objektif
3.
Alat :
tes
4.
Prosedur penilaian : lembar kerja individu
Indikator penilaian:
·
Jumlah soal terdiri dari 5 soal
·
Setiap jawaban
benar mempunyai bobot skor 20
·
Jawaban
salah bobot skor 0
·
Total
skor 100
·
Nilai = jumlah skor
jawaban benar x 100
Total
skor
@ Penilaian proses
NO
|
Nama siswa
|
Aspek yang diamati
|
KET
|
Keaktifan
|
Pemahaman
|
Ketepatan
|
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Nilai Akhir
|
|
|
|
|
Kreteria
Penilaian :
Baik sekali 91-100
Baik 80-90
Cukup baik 60-79
Cukup 51 - 59
Kurang baik <50
& LEMBAR PENILAIAN
KKM : 70,00
No
|
Nama Siswa
|
Penilaian Hasil
|
Penilaian Proses
|
Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
Aspek yang dinilai
|
|
|
T
|
BT
|
Keaktifan
|
Pemahaman
|
Ketepatan
|
|
|
|
|
|
|
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 100
·
Jumlah skor =
performan + produk
·
Jumlah skor maksimal
=
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remidial
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas I
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|