Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama
Sekolah : SDN 1
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : I /
2
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi :
1.
IPA/
Sains : Mengenal berbagai bentuk
energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari.
2.
PKn
: Menerapkan kewajiban anak di rumah dan
di sekolah.
3.
Matematika :Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar :
1.
IPA
Mengidentifikasi
penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
2.
PKn
Mengikuti
tata tertib di rumah dan di sekolah
3.
Matematika
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka tanpa menyimpan.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
IPA
Memberikan contoh
tentang tentang benda-benda bergerak dengan benar.
2.
PKn
Melaksanakan tata
terbib dirumah dan di sekolah dengan benar.
3. Matematika
Memecahkan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
tanpa menyimpan dengan benar.
D.
Tujuan
Pembelajaran
·
IPA
Melalui metode ceramah, demonstrasi dan diskusi siswa dapat menyebutkan alat-alat rumah tangga
yang menggunakan dan tidak menggunakan energi listrik dengan benar.
·
PKn
Melalui metode tanya jawab siswa dapat membandingkan
tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga
dengan benar.
·
Matematika
Melalui metode pemberian tugas siswa dapat mengurangkan
bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
v
Karakter
siswa yang diharapkan :
Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery )
E.
Materi Ajar (
Materi Pokok ) :
IPA
v
Alat
rumah tangga yang menggunakan listrik :
1.
Televisi
2.
Radio
3.
Lemari
es
4.
Setrika
v
Alat
rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik :
1.
Kompor
2.
Jam
PKn
Tugas keluarga
Ayah : bekerja
Ibu : mengurus
rumah tangga
Anak : belajar
Matematika
Operasi bilangan :
1.
Menjumlahn
2 bilangan
24
+ 5 = 29
2.
Menjumlahkan
2 bilangan dengan cara bersusun pendek
12
+ 15 = 27
F.
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Diskusi
·
Tanya
jawab
·
Pemberian
tugas.
G.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal (10 menit)
Apresepsi
1) Mengecek
kehadiran siswa
2) Mengkondisikan
siswa kedalam pembelajaran.
3) Mengadakan
appersepsi melalui tanya jawab.
4) Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
B. Kegiatan inti (45 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi
· Guru
menjelaskan tentang alat rumah tangga yang menggunakan
energi listrik dan tidak menggunakan energi listrik.
· Siswa mengelompokkan
alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak menggunakan energi listrik.
·
Siswa menyebutkan
alat-alat rumah tangga yang tidak
menggunakan energi listrik.
·
Siswa mengerjakan
Lembar kerja siswa secara kelompok.
·
Melalui tanya jawab siswa menyebutkan tugas-tugas setiap anggota
keluarga.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Siswa dapat membandingkan tugas
anggota keluarga ( ayah, ibu dan anak.)
·
Siswa mengisi
daftar tugas yang selalu dilaksanakan di rumah.
· Gurumenjelaskan
soal
mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersusun pendek yang ditulis di papan tulis.
· Siswa menyimak
tentang soal mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
·
Melalui penjelasan guru
siswa mengurang bilangan 2 angka dengan
1 angka cara bersusun pendek.
·
Guru membahas salah satu contoh soal untuk melihat sejauh mana
kemampuan siswa.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
·
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa .
·
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir (15 menit)
Dalam
kegiatan akhir, guru:
1) Umpan
balik dari guru tentang hasil belajar.
2) Guru
memberikan reword / penghargaan kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhan
mengikuti proses belajar mengajar.
3) Siswa
yang mendapatkan nilai yang kurang memuaskan, disarankan untuk mempelajari
kembali materi yang telah dipelajari.
4) Penanaman
nilai, moral dan sikap.
H.
Alat dan Sumber Belajar
·
Buku Sumber :
-
Buku Sains SD Kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
-
Buku Pendidikan Kewarganegaraan
kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
-
Buku Pelajaran
Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
·
Alat Peraga :
-
gambar benda/ alat
rumah tangga yang menggunakan listrik..
-
Kartu bilangan.
-
Gambar atau model langsung
dari alat rumah tangga yang tidak
menggunakan listrik.
I. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
1.
IPA
:
·
Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang
tidak menggunakan energi listrik
2.
PKn
:
·
Membandingkan tugas
dan kewajiban setiap anggota keluarga.
3.
Matematika
:
·
Mengurangkan bilangan
2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
·
Mengurangkan 2
bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan
10.
|
|
|
1.
IPA
:
·
Sebutkan alat-alat rumah tangga yang
tidak menggunakan energi listrik
2.
PKn
:
·
Bandingkan tugas dan
kewajiban setiap anggota keluarga.
3.
Matematika
:
·
Bagaimana cara
mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
·
Bagaimana cara
mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10.
|